kombatan isisBaghdad, LiputanIslam.com –  Ketua dewan perang kelompok teroris ISIS bersumpah untuk mematahkan serangan pasukan pemerintah Irak,  pasukan Kurdi Peshmerga dan pasukan relawan yang bermaksud membebaskan kota Mosul, Irak utara, dari pendudukan ISIS.

Dalam wawancara dengan mingguan al-Naba milik ISIS pejabat yang tak disebutkan namanya itu mengatakan  bahwa “propaganda besar” yang terjadi menjelang perang  telah “menipu” pasukan Irak sehingga mereka berharap dapat memenangi perang dalam hitungan hari, dan bahwa mental ISIS sudah runtuh.

Dia mengakui pasukan Irak sudah berada di sisi timur Mosul, tapi dia memastikan hal itu terjadi setelah ratusan pasukan Irak tewas.

“Kondisi mereka sekarang sudah sangat jelas, mental mereka sudah runtuh total bersama dahsyatnya kerugian peralatan dan pasukan yang mereka derita, meskipun mereka didukung serangan udara pasukan salib,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa penduduk Mosul masih berpihak kepada ISIS dan memandang perang yang sedang berkobar sebagai perang antara orang-orang yang “bertauhid” dan orang-orang “musyrik”.  Karena itu, lanjutnya, banyak penduduk Mosul yang ikut berperang bersama ISIS melawan pasukan Irak.

Di pihak lain, kelompok Kataib Hizbullah yang berada di bawah komando pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi Jumat (18/11/2016) mengumumkan bahwa pasukan relawan sudah mulai masuk ke kota Tal Afar yang diduduki ISIS di barat Mosul.

TV al-Etejah dalam berita segeranya melaporkan bahwa Kataib Hizbullah dan kelompok-kelompok relawan lain Jumat dini hari sudah memasuki kota yang berjarak 70 km dari Mosul tersebut.

Tiga hari lalu dilaporkan bahwa al-Hashd al-Shaabi telah menguasai Bandara Tal Afar yang berjarak 5 km dari kota  Tal Afar .  Relawan ini menyatakan bahwa penguasaan atas bandara ini merupakan babak awal operasi pembebasan kota yang penduduknya bersuku Turkmen itu dengan tujuan memutus total rute ISIS menuju Suriah.

Laporan mengenai masuknya pasukan relawan ke kota Tal Afar belum dikonfirmasikan oleh para komandan al-Hashd al-Shaabi.

Abdul Mahdi Karbalai, wakil marji’ besar kaum Muslim Syiah Irak  Ayatullah Sayyid Ali al-Sistani, menyerukan kepada pasukan Irak agar terus berperang menumpas ISIS.

“Kami mengucapkan selamat kepada angkatan bersenjata Irak, pasukan Peshmerga, pasukan relawan, dan pasukan adat yang telah mencetak kemenangan. Mereka semua adalah kebanggaan kami,” katanya dalam khutbah Jumat di komplek makam cucunda Rasulullah saw, Imam Husain ra, di kota Karbala. (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL