خاشقجي والقرني يستصرخان لانقاذ الدواعش في الفلوجةRiyadh, LiputanIslam.com –  Keterdesakan kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) oleh serangan pasukan gabungan Irak di Fallujah, kota kedua terbesar di provinsi Anbar, Irak barat, membuat para tokoh Wahabisme Arab Saudi ketar-ketir dan kebakaran jenggot sehingga mengangkat isu bermotif mazhab.

Jurnalis Arab Saudi  Jamal Khasqaji, misalnya, segera menebar tudingan bahwa pasukan relawan Irak al-Hasdh al-Shaabi sedang memerangi kaum Ahlussunnah di Fallujah.

“Mereka melakukan penghalalan (darah) di Fallujah dan pengusiran Ahlussunnah dari kota ini,” kicaunya di Twitter, sebagaimana dilansir al-Marsd, Selasa (24/5).
Dia menambahkan, “Organisasi menduduki  kota, kemudian membebaskan dan mengusir penduduknya.”

Tak mau ketinggalan, dai kondang Saudi Awad al-Qarni membuat hastag bahwa Fallujah “dimusnahkan dan dibantai.”

“Ya Allah, sedikit orang yang menolong dan banyak orang di muka bumi yang menelantarkan kaum tertindas di Fallujah…. Ya Allah, tolonglah dan bantulah mereka, kasihanilah mereka yang lemah itu,” kicaunya.

Di pihak lain, banyak aktivis medsos yang menanggapi kicau para tokoh Saudi tersebut dengan menyatakan bahwa para corong Saudi dan Wahhabi “mulai menjerit minta tolong” supaya ISIS diselamatkan dan dievakuasi dari Fallujah.

Para aktivis menyoal bukankah ISIS yang menduduki Fallujah, lantas mengapa corong-corong Saudi kini gempar dan menebar propaganda anti pasukan Irak.

Sementara itu, aktivis medsos pengguna akun tersohor “Mujtahidd” dalam kicaunya di Twitter menyatakan Arab Saudi mengubah sikapnya terkait operasi militer pasukan Irak untuk membebaskan Fallujah dari cengkraman ISIS.  (baca: Fallujah, Kami Datang )

“Ada instruksi dari kantor kerajaan kepada para pimpin redaksi media-media Saudi supaya mereka menggunakan kalimat ‘pembebasan Fallujah dari cengkraman ISIS’ dalam memberitakan pertempuran Fallujah,” tulisnya.

Hanya saja, beberapa aktivis medsos lain ada yang meragukan kebenaran apa yang dinyatakan Mujtahidd tersebut, karena menurut mereka belum terlihat adanya perubahan sikap Saudi terkiat ISIS di Fallujah.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL