iraq-bombingBaghdad, LiputanIslam.com – Kelompok Kurdi Irak kembali mendapat serangan bom mematikan dalam dua hari terakhir, mengakibatkan puluhan orang tewas. Dua bom meledak di dekat kantor partai politik Kurdi di kota Tuz Khormato, 200 km utara Baghdad, Senin (9/6/2014) mengakibatkan sedikitnya 22 orang tewas. Sehari sebelumnya, kantor kelompok Kurdi Irak juga diserang bom mengakitkan 19 orang tewas.

Ledakan pertama terjadi dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri yang mengendarai truk bermuatan bahan peledak di sebuah pos pemeriksaan yang mengarah ke kantor Uni Patriotik Kurdistan pimpinan Jalal Talebani dan berada di dekat markas Partai Komunis Kurdistan.

Sedangkan bom kedua yang meledak di lokasi yang sama, menurut keterangan Mayor Shalal Abdoul, kemungkinan merupakan bom yang diledakkan dari jarak jauh dengan menggunakan remote control beberapa saat setelah orang-orang berdatangan ke lokasi ledakan pertama.

Dua ledakan itu menewaskan 22 orang dan menciderai sekitar 150 orang lainnya serta menghancurkan beberapa rumah dan mobil.

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab atas dua ledakan tersebut. Namun, kelompok militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) menyatakan bertanggungjawab atas serangan yang terjadi sehari sebelumnya terhadap kantor Kurdi di Jalula, barat laut Baghdad, yang menewaskan 19 orang.

Dalam pernyataan melalui media online ISIL menegaskan bahwa peledakan di Jalula adalah reaksi terhadap penangkapan terhadap seorang wanita muslimat oleh pemerintah otonomi Kurdi di Irak utara.

Dalam peristiwa lain, seorang letkol polisi Irak menyebutkan dua tentara Irak tewas dan lima lainnya cidera akibat serangan serupa terhadap pos pemeriksaan milik tentara di kawasan Kanaan, selatan Baquba, 60 km timur laut Baghdad. Jumlah korban ini dibenarkan oleh dokter Raid Naim di rumah sakit Baquba.

Di Baghdad, satu pegawai Kementerian Transportasi Irak tewas terkena ledakan bom yang dilekatkan pada mobil pribadinya di kawasan al-Mansour. (mm/abcnews/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL