ISIL militants attack Syrian village, burn houses, kidnap peopleBeirut, LiputanIslam.com – Militan radikal Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) dikabarkan telah menculik hampir 200 warga sipil Kurdi dari sebuah lokasi di bagian barat laut provinsi Aleppo, Suriah.

LSM yang menamakan dirinya Lembaga Pengawas HAM Suriah Jumat (5/05/2014) menyatakan para anggota ISIL telah menculik sedikitnya 193 penduduk sipil Kurdi, usia antara 17 sampai 70 tahun, dari kota Qabasin pada Kamis lalu.

Rami Abdul Rahman, direktur lembaga yang bermarkas di Inggris tersebut, mengatakan tidak jelas alasan mengapa ratusan warga sipil Kurdi itu diculik. “Namun,” lanjut dia, “aksi-aksi demikian sudah berulang kali terjadi di berbagai kawasan yang dikuasai ISIL.”

Akhir desember tahun lalu, ISIL yang merupakan sempalan jaringan teroris al-Qaeda telah menculik sedikitnya 51 warga Kurdi di kota Minbij dan Jerablus, provinsi Aleppo. Menurut LSM tersebut, di antara korban terdapat sembilan perempuan dan anak kecil, dan sampai sekarang tidak jelas mereka disekap di mana.

Pada 13 Desember, gerilyawan ISIL menyerbu desa Ihras, 20 kilometer selatan kota Azaz, provinsi Aleppo, serta menculik penduduk setempat, termasuk sedikitnya enam perempuan. Mereka membawa para korban ke tempat tersembunyi.

Juli 2013, ISIL menculik sekitar 200 warga sipil Kurdi dari kota Tell Arab dan Tal Hasel yang juga terletak di provinsi Aleppo. Hingga kini hanya sedikit di antara para korban itu yang telah dibebaskan.

Suriah diterjang gelombang kekerasan dan ekstrimisme sejak Maret 2011. Beberapa sumber menyatakan lebih dari 160,000 orang tewas, sedangkan jutaan lainnya terpaksa mengungsi akibat perang yang dipicu oleh pemberontakan dan masuknya para ekstrimis dari berbagai negara untuk membantu pemberontakan.

Pemberontakan dan ekstrimisme itu sendiri didukung, dibantu dan dipersenjatai oleh Barat dan sejumlah negara sekutunya di kawasan Timteng, terutama Arab Saudi, Qatar dan Turki. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL