داعش تختطف 150 من الطلاب الاكراد بحلبBeirut, LiputanIslam.com – Aksi tak berprikemanusiaan berupa penculikan anak-anak sekolah sebagaimana yang dilakukan milisi pemberontak Boko Haram di Nigeria ditiru oleh kelompok serupa di Suriah.

Berdasar keterangan berbagai sumber terpercaya Kurdi, LMS Pengawas HAM Suriah melaporkan bahwa Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) telah menculik 150 siswa dan siswi Kurdi warga kota Ayn al-Arab, provinsi Aleppo, Suriah, Kamis malam 29 Mei lalu.

Disebutkan bahwa ISIL menculik mereka ketika mereka sedang dalam perjalanan menuju kota Kobani dan melintas di sebuah jalan dekat kota Manbaj yang menghubungkan kota ini dengan kota Aleppo. Mereka pulang setelah menyelesaikan ujian terakhir sekolah menengah pertama di kota Aleppo.

Pengawas HAM Suriah menyatakan, “ISIL telah membawa mereka ke rumah-rumah dan markasnya di kota Manbaj untuk kemudian membawa mereka ke sebuah madrasah agar mengikuti pelajaran ilmu syariat untuk jangka waktu 10 hari.”

LSM ini menambahkan bahwa para korban yang terdiri dari siswa dan siswia itu akhirnya dibebaskan, tapi mereka dipaksa kembali ke kota Aleppo dan tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju kota Ayn al-Arab.

Di hari yang sama, gerilyawan ISIL juga telah menculik 193 warga Kurdi dari berbagai jenjang usia mulai 17 hingga 70 tahun dari distrik Qabasin dekat kita al-Bab, provinsi Aleppo. Keberadaan para korban itu hingga kini masih belum diketahui. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL