Teheran, LiputanIslam.com –  Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menyatakan bahwa rudal-rudal yang telah dilesatkan oleh pasukan elit Iran ini telah berhasil menghancurkan posisi-posisi kelompok teroris ISIS di Suriah sebagai balasan atas serangan teror ISIS yang terjadi beberapa waktu lalu di Teheran, ibu kota Iran.

Juru bicara IRGC Brigjen Ramezah Sharif, Senin (19/6/2017), mengatakan, “Berdasarkan informasi-informasi terpercaya, operasi ini  sukses, dan rudal-rudal itu telah menghancurkan pangkalan-pangkalan komando dan persenjataan ISIS di Deir Ezzor (Suriah Timur).”

Sebelumnya, IRGC mengumumkan pihaknya telah melesatkan enam rudal jarak sedang, Minggu malam (18/6/2017), dari provinsi Kermanshah dan provinsi Kurdistan, Iran barat, dengan sasaran pangkalan-pangkalan ISIS sebagai balasan atas serangan teror yang terjadi di dua lokasi strategis di Iran, yaitu area makam Imam Khomaini dan gedung parlemen Iran, dan menjatuhkan korban meninggal dunia sebanyak 17 orang pada 7 Juni lalu.

TV resmi Iran melaporkan bahwa serangan itu menewaskan petinggi ISIS berkewarga negaraan Arab Saudi bernama Said al-Hoseini alias Abu Said.

Selama 30 tahun, serangan ini merupakan pertama kalinya Iran menembakkan rudalnya ke wilayah negara lain.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif di halaman Twitternya menuliskan, “Kekuatan rudal Iran melindungi warganya dalam pertahanan diri yang sah serta memperkuat kemajuan serangan penumpasan ISIS dan para teroris radikal.”

Komandan Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Ahmad Reza Pourdastan menegaskan, “Pertahanan kami tidak lagi terbatas di wilayah Iran….  Zona tempur kami akan ada di manapun ancaman itu ada.”

Komandan Pasukan Dirgantara IRGC Brigen Amir Hajizadeh kepada TV Iran mengatakan, “Rudal-rudal itu telah melintasi angkasa Irak dan mengena sasaran-sasarannya di Suriah.”

Dia menambahkan bahwa beberapa pesawat nirawak yang diterbangkan dari Damaskus ke angkasa Deir Ezzor telah mengirimkan gambar-gambar keberhasilan serangan tersebut, termasuk dalam menghantam sebuah “bangunan kecil” tempat berkumpulnya para anggota ISIS.

Dia juga menyebutkan bahwa peluncuran rudal ini juga merupakan kejutan bagi dunia karena dari jarak sekira 700 km Iran terbukti mampu mendeteksi dan menghancurkan sasaran  dengan tepat  sebagaimana terlihat dalam rekaman video yang dikirim oleh nirawak tersebut.

Video tersebut antara lain terlihat di link ini:

Sedangkan video peluncurannya dapat disaksikan pada link ini:

Peluncuran rudal ini terjadi beberapa jam setelah Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menyatakan akan “menampar” musuh sebagai penghormatan atas para korban terorisme, terutama mereka yang gugur di Suriah dan Irak.

Kantor berita Tasnim milik Iran melaporkan bahwa rudal sedang yang diluncurkan antara lain jenis Zolfaghar yang berjarak tempuh sekira 750 km.

Selain membuat rudal jarak sedang, Iran juga telah memroduksi rudal-rudal jelajah berjarak tempuh 2000 km, hal yang membuat negara ini semakin dimusuhi oleh Amerika Serikat dan Israel. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL