Teheran, LiputanIslam.com –  Komandan Umum Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Mayjen Mohammad Ali Jafari menyatakan Yaman akan segera menang.

“Front muqawamah (resistensi anti Amerika Serikat dan Israel) dalam dua dekade terakhir telah mencetak berbagai kemenangan beruntun di semua negara kawasan Timteng, dan insya Allah kita dalam waktu dekat ini kita juga akan menyaksikan kemenangan Yaman,” katanya, Kamis (14/12/2017), seperti dilansir FNA.

Dia menambahkan, “Konspirasi yang didalangi oleh Amerika, Zionis, Saudi, dan sejumlah negara regional telah gagal.”

Berapa hari lalu Irak menyatakan operasi militer penumpasan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah tuntas, dan mengumumkan kemenangan militernya atas ISIS.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga menginstruksikan dimulainya penarikan keluar sebagian besar pasukan Rusia dari Suriah menyusul kemenangan pasukan Suriah atas ISIS.

Mayjen Ali Jafari sebelumnya menyatakan bahwa Iran memang membantu Yaman, namun sebatas asistensi dan dukungan mental. Hal ini dia nyatakan saat menanggapi tudingan Saudi bahwa senjata Iran telah diselundupkan ke Yaman.

Di Yaman sendiri belum lama ini kelompok Ansarullah (Houthi) yang didukung Yaman telah membunuh mantan diktator Yaman Ali Abdullah Saleh beberapa hari setelah terjadi kontak senjata mereka dengan milisi loyalis Saleh yang semula bersekutu dengan Ansarullah dalam melawan serangan Saudi dan sekutunya.

Sejak itu suasana di Sanaa, ibu kota Yaman, yang dikuasai Ansarullah berangsur tenang, sementara kontak senjata di berbagai kawasan lain negara ini masih berlanjut antara Ansarullah dan milisi loyalis presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*