Teheran, LiputanIslam.com –  Menanggapi kemungkinan Amerika Serikat (AS) mencatumkan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) dalam daftar kelompok teroris, komandan IRGC Mayjen Ali Jafari menegaskan bahwa jika AS melakukan tindakan “bodoh” tersebut maka sejak itu pula tentara AS tidak akan lagi menikmati rasa tenang lagi di “Asia Barat” (Timur Tengah).

“Jika AS melakukan tindakan sedemikian bodoh dan mengancam keamanan nasional kami maka sesuai strategi Republik Islam (Iran) kami akan melakukan tindakan setimpal dan akan menerapkannya secara operasional,” tegas Jafari saat ditanya tentang kemungkinan tersebut, sebagaimana dilansir situs Sepah News milik IRGC, dan dikutip al-Alam, Ahad (7/4/2019).

Dia melanjutkan, “Dalam kondisi demikian tentara dan pasukan keamanan AS di kawasan Asia Barat tidak akan lagi menikmati ketentraman.”

Senada dengan ini, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di hari yang sama mengingatkan bahwa tindakan AS mencantumkan IRGC dalam daftar teroris akan membuat AS terjerumus dalam petaka baru.

Menurut Zarif, kelompok-kelompok pendukung Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berusaha membujuk AS agar melakukan tindakan tersebut.

Di halaman Twitter-nya Zarif mengunggah dua video berita yang satu di antaranya berkenaan dengan dukungan dana kepada Presiden AS Donald Trump oleh pengusaha tersohor AS yang getol menyokong Israel, Sheldon Adelson,  dan yang lain berkenaan dengan pengakuan Penasehat Keamanan AS John Bolton bahwa dia tidak menyesali peranannya dalam serangan ke Irak.

Setelah itu Zarif menyebutkan bahwa orang-orang yang mengutamakan Netanyahu dan sudah lama berusaha mencantumkan IRGC dalam daftar organisasi teroris tahu persis resiko tindakan bagi terhadap pasukan AS di kawasan Timteng.

“Sebagai representasi baginya (Netanyahu) mereka berusaha menyeret AS ke rawa… Donald Trump sebaiknya mengetahui hal ini sebelum menjerumuskan AS ke dalam rawa,” tulis Zarif.

Sebelumnya, surat kabar Wall Street Journal mengutip pernyataan sumber-sumber terpercaya bahwa Washington berusaha mencatumkan IRGC dalam daftar organisasi teroris. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*