Teheran, LiputanIslam.com –  Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menepis pernyataan kontroversial Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan bahwa dua negara ini merencanakan operasi bersama anti Kurdi di Irak.

“Kami tidak merencanakan operasi apapun di luar wilayah Iran,” ungkap IRGC dalam statemennya yang dirilis oleh lembaga pemberitaan mahasiswa Iran, ISNA, Selasa (22/8/2017).

Meski demikian, IRGC juga menegaskan, “Akan tetapi, kami senantiasa siap menggunakan kekuatan untuk menghadapi pihak manapun yang berusaha menerobos wilayah Iran untuk melancarkan operasi teror atau menggoyang keamanan kami.”

Sebelumnya Erdogan mengatakan bahwa operasi kolektif Iran – Turku anti milisi Kurdi “senantiasa mengemuka.”

Media Turki Senin lalu melaporkan bahwa dalam kunjungan kepala staf gabungan angkatan bersenjata Iran Mayjen Mohammad Hossein Bagheri  ke Turki pada 17 Agustus lalu Teheran mengajukan “gagasan mengejutkan” kepada Ankara untuk melancarkan serangan kolektif terhadap pemberontak Kurdi di Irak utara.

Kunjungan kepala staf gabungan angkatan bersenjata Iran ke Ankara merupakan pertama kalinya sejak kemenangan revolusi Islam Iran pada tahun 1979 sehingga menjadi indikasi kuat membaiknya hubungan Iran dengan Turki yang selama ini sering bermasalah akibat krisis Suriah, sebab Turki mendukung pemberontakan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad, sedangkan Iran membela al-Assad.

Dalam kunjungan itu Bagheri mengatakan bahwa gerakan Iran dan Turki akan saling melengkapi dan keduanya telah mencapai kesepakatan yang baik untuk untuk mencegah lalu lintas teroris di perbatasan.

Senin lalu Erdogan menyatakan bahwa Bagheri dengan sejawatnya di Turki telah mendiskusikan mekanisme operasi militer bersama melawan kelompok bersenjata Kurdi.

“Tindakan akan diterus dilakukan, karena Anda mengetahui bahwa kelompok teroris Partai Pekerja Kurdi (PKK) memiliki pijakan di Iran,” katanya.

Dia menambahkan, “Mereka selalu menimbulkan gangguan kepada kami dan Iran. Kami bertindak karena kami meyakini bahwa jika kedua negara ini bekerjasama maka kami akan mencapai hasil lebih cepat.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL