Teheran, LiputanIslam.com –   Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) memamerkan rudal terbaru buatannya yang dapat dipasang pada helikopter tempur untuk menghancurkan tank.

Rudal yang dinamai “Azarakhsh” (Halilintar) itu dipajang dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Panglima IRGC, Mayjen Mohammad Ali Jafari, Rabu (28/2/2018).

Rudal udara-ke-permukaan dan permukaan-ke-permukaan dengan kaliber 127 mm serta berat sekira 70 kg dan panjang 3.096 mm ini berjarak tempuh 10 km, berkecepatan maksimal 550 meter/detik,  dilengkapi detektor termografi, dan dapat digunakan dalam operasi udara ketinggian rendah dengan target darat.

Dalam beberapa tahun terakhir ini Iran melakukan terobosan besar di sektor pertahanan dan mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan dan sistem militer utama, termasuk berbagai jenis rudal.

Iran juga telah melakukan beberapa latihan militer untuk meningkatkan kemampuan pertahanan angkatan bersenjatanya serta untuk menguji taktik militer modern dan peralatan militer mutakhir.

Namun Iran juga berulangkali menegaskan bahwa militernya tidak akan menimbulkan ancaman bagi negara lain karena doktrin pertahanannya semata-mata berbasis pencegahan. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*