لاريجاني: اتصالات سعودية مع زمر ارهابية لاثارة الضجيج بايرانTeheran, LiputanIslam.com – Ketua parlemen Iran Majelis Syura Islam Ali Larijani menyatakan bahwa Arab Saudi telah menjalin komunikasi dengan kelompok-kelompok teroris di bagian timur Iran untuk mengacaukan keamanan negara ini.

“Saudi menjalin komunikasi dengan beberapa beberapa kelompok penjahat di sebuah kawasan di bagian timur Iran untuk membangkitkan gejolak. Beberapa kalangan kontra-revolusi (Islam Iran) juga menjalin komunikasi dengan kelompok-kelompok teroris di bagian barat Iran, juga dengan tujuan membangkitkan gejolak. Karena itu sudah semestinya kita bertindak dan mencegah upaya musuh menggoyang kekuatan

Republik Islam Iran dari dalam,” ujarnya, seperti dilansir FNA, Selasa (28/6).

Mengenai Amerika Serikat (AS), Larijani mengatakan bahwa AS mengaku prihatin atas memburuknya hubungan antara Iran dan Arab Saudi, tapi pada kenyataannya, alih-alih terusik oleh masalah ini, AS justru senang menyaksikannya.

Menurut Larijani, kegagalan Saudi di Yaman dan frutasinya dalam berdiplomasi membuat Riyadh gelap mata sehingga tak menemukan jalan lain kecuali menebar keonaran di Timteng serta berusaha memecah belah negara-negara lain di kawasan ini.

“Menciptakan krisis telah berubah menjadi kebijakan (Saudi),” ujarnya.

Sementara itu, komandan Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) di provinsi Kurdistan, Iran barat, Brigjen Mohammad Hossein Rajabi, Selasa (28/6), mengatakan semua sekawanan teroris yang terdiri atas 11 orang tewas di tangan pasukan elit Iran ini di kota Saruabad ketika berusaha menyusup ke wilayah Iran beberapa hari lalu.

Dia menjelaskan bahwa kawanan itu terafiliasi dengan Partai Demokrasi yang telah dibubarkan. Mereka terpantau sejak awal masuk ke provinsi Kurdistan oleh IRGC.

“IRGC telah menutup semua jalan tembus yang akan dimasuki oleh kawanan itu, dan kami dapat memaksa mereka mengarah ke tempat yang kami inginkan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa setelah 10 hari pengejaran IRGC mendesak mereka ke kawasan Kuhsalan di Saruabad, dan di sana mereka dapat ditumpas.
Disebutkan bahwa dalam pengejaran itu telah terjadi kontak senjata yang membuat tiga anggota IRGC terbunuh. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL