iran mohammad reza naqdiTeheran, LiputanIslam.com – Komandan organisasi relawan Iran (Basij) Brigjen Mohammad Reza Naqdi menyatakan bahwa beberapa agen mata-mata Amerika Serikat (AS) telah ditangkap di Iran. Para agen itu menerima instruksi dari Menteri Luar Negeri (Menlu) AS John Kerry hanya melalui perantara satu orang untuk melancarkan upaya-upaya makar penggulingan pemerintahan Republik Islam Iran.

Sebagaimana dilansir FNA dan dikutip Alalam, Naqdi dalam pidato menjelang shalat Jumat di kota Ray di selatan Teheran, Iran, kemarin (27/11) mengatakan bahwa Kerry secara pribadi terlibat dalam pengadaan, pengendalian dan pengarahan 34 rencana penggulingan pemerintahan Iran.

Menurutnya, AS mengalokasikan dana secara rahasia sebesar lebih dari USD 1 milyar untuk rencana-rencana makar penggulingan pemerintahan Islam Iran, dan sebanyak USD 200 juta diantaranya telah digelontorkan dengan perintah langsung dari Menlu AS.

Naqdi menambahkan bahwa upaya menggulingkan pemerintahan Iran itu dilakukan justru bersamaan dengan proses perundingan nuklir Iran dengan AS, dan dalam hal ini otoritas Iran telah mendapat pengakuan-pengakuan penting dari para agen yang tertangkap belakangan ini.

Para agen itu telah mendapat pelatihan-pelatihan dari AS untuk melancarkan berbagai aksi makar termasuk memotori dan melancarkan aksi-aksi jalanan dan huru-hara di musim pemilu Iran.

Naqdi menegaskan bahwa aksi-aksi makar demikian menjadi satu-satunya jalan untuk merongrong Iran setelah AS mengalami kegagalan secara berulang-ulang, dan AS tidak akan pernah berhenti mengupayakan penggulingan pemerintahan Iran meskipun usia pemerintahan Islam ini sudah 36 tahun. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL