iran_test_launch_reutersTeheran, LiputanIslam.com – Iran sukses menguji coba sistem pertahanan rudal Mersad buatan dalam negeri. Menurut laporan PressTV Minggu (4/5/2014) ujicoba ini dilakukan di unit pertahanan Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya, Iran. Disebutkan bahwa sistem rudal ketinggian sedang berhasil menembak sasaran berupa pesawat tanpa awak dengan rudal Shalamcheh buatan Iran.

Komandan Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya Brigjen Farzad Esmaili memastikan sistem pertahanan rudal Mersad memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam memburu target dibanding sistem-sistem serupa buatan negara lain. Menurutnya, sistem ini didukung daya jangkau radar yang luas serta memiliki kemampuan yang unik dan handal untuk perang elektronik.

Pada November 2010 Iran juga berhasil mengujicoba sistem pertahanan rudal S-200 yang juga didesain dan dibuat di dalam negeri dengan jarak tempuh jauh serta dengan ketinggian sedang hingga tinggi dari permukaan ke udara (SAM). Sistem ini dirancang untuk pertahanan kawasan yang luas dari serangan pesawat pengebom atau pesawat strategis lainnya. Sistem ini juga dapat dihubungkan dengan sistem radar lain yang daya jangkaunya lebih luas.

Tahun ini Iran berhasil menempuh langkah-langkah besar di bidang pertahanan dan berhasil mencapai swasembada dalam produksi alutsista andalan.

Di tengah prestasi gemilang itu Teheran berulangkali menegaskan bahwa semua keberhasilan Iran di bidang militer itu sama sekali bukan dalam rangka mengancam negara manapun karena doktrin pertahanan yang diterapkan Republik Islam sepenuhnya berbasis pencegahan. (mm/presstv/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL