iran drone RQ-170Teheran, LiputanIslam.com – Iran berhasil menguji terbang  duplikat drone atau pesawat nirawak RQ-170 Sentinel buatan Amerika Serikat (AS). Demikian dikatakan oleh Komandan Pasukan Udara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigjen Amir Ali Hajizade kepada wartawan di sela-sela acara peringatan mengenang Brigjen Hassan Tehrani-Moqaddam, bapak program misil Iran, di Teheran Senin (10/11), sebagaimana dilaporkan situs The Iran Project.

Dia menambahkan bahwa rekaman video penerbangan pesawat nirawak supercanggih itu akan dirilis dalam waktu dekat.

“Sebagaimana telah dijanjikan, kami melakukan penerbangan dan rekaman uji coba akan kami siarkan segera,” ujarnya.

Tanggal 11 Mei 2014 Iran telah memamerkan pesawat siluman itu dalam sebuah seremoni yang dihadiri oleh Pemimpin besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei dan Komandan IRGC Mayjen Mohammad Ali Jafari.

Pada Desember 2011 IRGC mengaku berhasil merebut kendali atas drone RQ-170 milik AS setelah pesawat ini melanggar wilayah udara Iran. Iran berhasil mendaratkannya dengan selamat, dan para pakar dan insinyur IRGC kemudian memreteli dan menjiplaknya.

Di pihak lain, pemerintah AS yang tidak ingin kehilangan muka menyatakan bahwa pesawat itu jatuh dan hancur.

Beberapa waktu lalu Wakil Komandan IRGC Brigjen Hossein Salami memang sudah berjanji akan segera mengumumkan perkembangan baru dari proses pembuatan duplikat RQ-170.

“IRGC berhasil membongkar semua data dan memacah semua kode RQ-170,” katanya saat itu, sebagaimana dikutip Alalam (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL