iran ahmad reza pourdastanTeheran, LiputanIslam.com – Komandan Angkatan Darat Iran Jenderal Ahmad Reza Pourdastan menyatakan negaranya siap memberikan dukungan militer kepada negara-negara sahabatnya, termasuk Irak dan Suriah, apabila diminta.

“Iran bekerjasama dengan negara-negara sahabat, termasuk Irak dan Suriah. Jika negara-negara itu meminta bantuan militer kepada kami maka kami siap memenuhinya, dan kami akan memberikan dukungan militer kepada mereka,” ungkap Pourdastan di sela-sela parade militer angkatan bersenjata Iran pada momen peringatan Perang Iran – Irak (1980 – 1988), sebagaimana dilansir Fars News, Selasa (22/9).

Ditanya mengenai sejauh mana Iran bekerjasama dengan koalisi anti ISIS pasca kesepakatan nuklir Iran dengan enam negara yang tergabung dalam P 5+1, dia menjawab, “Pasca resolusi (PBB) dan Rencana Komprehensif Aksi Bersama retorika para pejabat AS sendiri masih belum berubah, dan kesenjangan justru kian melebar.”

Dia menambahkan, “Pasca kesepakatan nuklir, AS mencoba mencari batu pijakan di Iran melalui negara-negara Eropa.”

Mengenai ancaman kelompok-kelompok teroris terhadap Iran dia menuturkan, “Kami meneropong mereka sepenuhnya, baik di Irak maupun di Afghanistan…. Jika mereka berani melintasi batas jarak 40 km (dari perbatasan Iran) yang telah kami tetapkan maka mereka akan mendapatkan reaksi keras dari kami… Kami memantau pergerakan kelompok-kelompok teroris saat demi saat. Seandainya mereka melakukan suatu tindakan apapun maka jelas mereka akan menerima reaksi mematikan dari Iran.”

Sementara itu, Panglima Angkatan Luat (AL) Iran Laksamana Habibullah Sayyari menyatakan negaranya bertekad untuk menggelar latihan bersama dengan AL Rusia.

Seperti dilansir ISNA, kepada wartawan di Teheran Selasa kemarin dia mengatakan, “Kami akan melakukan latihan perang bersama dengan AL Rusia. Sejak beberapa waktu lalu kami sudah melakukan latihan perang bersama dengan AL India dan Rusia di wilayah perairan kami.”

Dia menambahkan bahwa armada Iran dalam beberapa bulan ke depan akan bertolak ke Rusia. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL