Iran-saudiTeheran, LiputanIslam.com – Sekretaris Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran Laksamana Ali Samkhani menegaskan negaranya siap melakukan dialog secara terbuka dan komprehensif dengan Arab Saudi untuk mendiskusikan semua persoalan yang menjadi perhatian kedua negara.

Sebagaimana dilaporkan Alalam, hal itu dia kemukakan saat menyambut Duta Besar Iran untuk Saudi, Hussain Sadeqi, Selasa (20/1/2015)

Dia juga menyinggung besarnya kerugian jiwa dan materi akibat konflik partisan di dunia Islam. Dia menegaskan bahwa negara-negara Islam harus menunjukkan langkah proaktif untuk mencegah pertumpahan darah antarsesama umat Islam serta memberantas radikalisme dan terorisme hingga ke akarnya.

Sementara itu, Hussain Sadeqi menekankan urgensi kerjasama antara Iran dan Arab Saudi. Menurutnya, banyak hasil positif yang akan dapat diraih di tengah dunia Islam jika Teheran dan Riyadh dapat mengembangkan kerjasama bilateral.

“Penanggulangan penyebaran terorisme dan Islamfobia serta pencegahan penghancuran sumber daya umat Islam bergantung sepenuhnya kepada peningkatan koordinasi dan tindakan kolektif antarnegara Islam,” ungkapnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*