Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani menyerukan penyelesaian semua krisis Timteng melalui kanal “dialog” antar pihak regional tanpa “campur tangan kekuatan-kekuatan asing.”

Dalam pidato yang disiarkan televisi Iran berkenaan dengan peluncuran pelabuhan laut Chabahar di selatan negara ini, Minggu (3/12/2017), dia mengatakan, “Kami berpendapat bahwa jika di kawasan ini ada persoalan maka dapat diselesaikan dengan dialog.”

Dia menambahkan, “Kita tidak memerlukan suatu apapun yang lebih penting (daripada dialog). Kita tidak memerlukan senjata maupun campur tangan kekuatan-kekuatan asing. Kita dapat menyelesaikan sendiri persoalan dengan dialog dalam orientasi persatuan, persamaan, dan persaudaraan.”

Pernyataan dia kemukakan manakala  belakangan ini hubungan Iran dengan Arab Saudi terus memburuk dan disebut-sebut sebagai akibat persaingan pengaruh antara keduanya di Timteng. Masing-masing terlibat perang proxi atau aksi dukung mendukung kelompok-kelompok yang bersiteru satu sama lain di Suriah, Yaman, Irak, Lebanon, dan Bahrain.

Rouhani mengatakan, “Sebagian orang mengira bahwa kawasan kita adalah kawasan perang dan konflik antara Syiah dan Sunni, kawasan campur tangan asing, tapi kami menjauhi semua itu.”

November lalu Iran menyambut gembira kemenangan pasukan Irak dan Suriah atas ISIS di wilayah masing-masing, karena Iran juga terlibat langsung dan membantu mereka menumpas kelompok teroris berfaham Salafi/Wahabi tersebut.

Keterlibatan Iran di Irak dan Suriah ini mengundang kecemasan pihak Barat. Perancis, misalnya, mengaku curiga bahwa Iran berupaya berdominasi di Timteng, sedangkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuding Iran menebar “maut, kehancuran, dan kekacauan di dunia.”

Menanggapi sikap Barat ini Rouhani menegaskan, “Negara manapun tidak bisa mengaku sebagai kekuatan yang dominan di kawasan ini…  Kekuatan-kekuatan besar juga tak dapat mewujudkan tujuan seperti ini.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL