Iran Amir-AbdollahianTeheran, LiputanIslam.com – Pemerintah Iran menyambut baik iktikad pemerintah Riyadh untuk berusaha mengatasi perselisihan Iran-Arab Saudi terkait berbagai isu regional Timur Tengah.

Sebagaimana diberitakan TV al-Alam Jumat (16/5/2014), menanggapi undangan resmi Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Saud al-Faisal kepada sejawatnya di Iran, Mohammad Javad Zarif, supaya berkunjung ke Riyadh, Deputi Menlu Iran Hossein Amir Abdollahiyan menyatakan Teheran dan Riyadh berkemampuan untuk memulihkan stabilitas Timur Tengah.

Sambil menekankan bahwa diperlukan persiapan-persiapan khusus untuk kunjungan Menlu Mohammad Javad Zarif ke Arab Saudi, Abdollahiyan memastikan bahwa upaya mengatasi problematika Timur Tengah menjadi agenda utama dalam perbaikan hubungan Teheran-Riyadh. Dia juga mengakui bahwa Arab Saudi memiliki peranan penting di Dunia Islam.

Deputi Menlu Iran juga mengungkapkan adanya pembicaraan dengan Riyadh berkenaan dengan krisis politik di Bahrain, dan rencananya akan ada pemimpin negara regional Teluk Persia yang akan segera berkunjung ke Iran.

Sebagaimana pernah diberitakan sebelumnya, Menlu Saudi Saud al-Faisal Selasa lalu mengumumkan pihaknya telah melayangkan surat undangan kepada Menlu Iran Mohammad Javad Zarif supaya berkunjung ke Riyadh. Dia juga menyatakan bahwa jika Menlu Iran belum berkesempatan untuk memenuhi undangan ini dalam waktu dekat maka Riyadh siap untuk menyambut kedatangannya ke Riyadh kapanpun dia berkesempatan. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL