Teheran, LiputanIslam.com –   Penasehat senior ketua parlemen Iran Hossein Ali Abdollahian menyatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah mengirim mediator ke Teheran, Iran, untuk meminta bantuan Iran membuka dialog Saudi dengan kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman.

“Ketika perang Yaman berkecamuk Saudi telah mengirim mediator ke Teheran dan meminta dukungan Teheran untuk membuka dialog dengan Ansarullah,” ungkap Abdollahian dalam wawancara dengan dengan kantor berita Iran, IRNA, Kamis (14/9/2017).

Tanpa menyebutkan secara persis kapan mediator itu dikirim, dia  menambahkan, “Setelah perang berjalan sekian tahun, Saudi berkesimpulan bahwa perang tidak akan dapat menyelesaikan krisis.”

Seperti diketahui, sejak 26 Maret 2015 sampai sekarang, pasukan koalisi Arab pimpinan Saudi melancarkan serangan militer ke Yaman untuk menumpas Ansarullah dan sekutunya, pasukan loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Saudi beralasan bahwa serangan itu dilancarkan dengan dalih membela pemerintahan Mansour Hadi, namun sampai sekarang aliansi pimpinan Saudi tak sanggup mengembalikan Hadi ke Sanaa, ibu kota Yaman, yang dikuasai oleh aliansi Ansarullah-Saleh. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL