Teheran, LiputanIslam.com –  Iran memiliki lima satelit yang siap diluncurkan, dan yang pertama di antaranya bernama “Doosti” (Persahabatan) yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, demikian dikatakan Wakil Menteri Komunikasi dan Kepala Badan Ruang Angkasa Iran, Morteza Barari.

Dalam sebuah wawancara khusus pada program “Min Teheran” (Dari Teheran) saluran al-Alam pada peringatan Hari Teknologi Luar Angkasa Iran, Ahad (3/2/2019), Barari mengatakan, “Insya Allah, pengorbitan satelit ini (Doosti) akan dilakukan untuk memberikan layanan kepada masyarakat.”

Dia juga menyinggung satelit lain yang dinamai “Payam” (Pesan) dengan menjelaskan bahwa satelit ini telah diorbitkan pada ketinggian 500 kilometer yang dapat mengirim gambar dengan kualitas yang sepuluh kali lebih tinggi daripada gambar yang diambil oleh satu lagi satelit Iran yang dinamai “Navid”.

Iran meluncurkan satelit buatan dalam negeri perdananya, Omid (Harapan), pada tahun 2009. Negara ini juga mengirimkan bio-kapsul pertamanya yang berisi makhluk hidup ke luar angkasa pada Februari 2010 dengan menggunakan roket Kavoshgar (Penjelajah) -3.

Pada bulan Februari 2015, Iran mengorbitkan satelit buatan dalam negeri Fajr (Fajar) yang mampu mengambil dan mengirimkan foto berkualitas tinggi ke stasiun-stasiun di bumi. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*