Radar iranShiraz, LiputanIslam.com – Iran meluncurkan lini produk tiga sistem radar, termasuk radar “Hafez” di bagian selatan kota Shiraz. Kantor berita Iran, IRNA, Ahad (19/10) melaporkan bahwa lini produk ini diresmikan dalam sebuah acara yang dihadiri Menteri Pertahanan Brigjen Amir Hatami dan Komandan Pangkalan Udara Khatam al-Anbia Brigjen Farzad Esmaili.

Pada kesempatan itu Amir Hatami menjelaskan kelebihan sistem radar tiga dimensi Hafez yang digunakan dalam sistem pertahanan udara “Mersad”. Menurutnya, sistem radar kaliber sedang ini dapat memantau berbagai target udara seperti jet tempur, pesawat nirawak dan rudal jelajah pada ketinggian rendah dan menengah.

“Sistem radar ini dapat mendeteksi dan melacak berbagai target udara termasuk pesawat siluman, jet tempur, rudal Cruise pada ketinggian rendah hingga ketinggian ekstra,” katanya sembari menambahkan radar itu juga dapat melacak rudal anti radiasi (ARM).

Hebatnya lagi, lanjut Hatami, sistem radar Hafez dapat memonitor 100 target sekaligus pada radius sekitar 250 kilometer.

“Sistem ini dapat melacak 100 target serta meng-update informasi situasionalnya dalam beberapa detik untuk dikirim kepada sistem pertahanan udara,” paparnya.

Pada tahun 2010 Iran mengembangkan sistem pertahanan udara Mersad untuk ketinggian rendah dan menengah dengan menggunakan rudal Shahin (Falcon/Elang) yang merupakan hasil rekayasa dan versi upgrade rudal permukaan ke udara jenis MIM-23 Hawk buatan Amerika Serikat. Sedangkan radar yang digunakan oleh sistem ini adalah hasil produksi dalam negeri sendiri.

Dalam beberapa tahun terakhir negara Republik Islam ini telah menempuh langkah-langkah besar di bidang pertahanan dan berhasil mencapai status mandiri di bidang produksi alutsista.

Sejak 1992 Iran memroduksi berbagai jenis alutsista yang dibutuhkan dalam negeri sendiri antara lain berupa tank, kendaraan lapis baja pengangkut personil, jet tempur dan kapal selam. Tak ketinggalan, pada tahun 2010 Iran berhasil memproduksi pesawat nirawak jarak jauh untuk pertama kali. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL