iran masoud jazayeri3Teheran, LiputanIslam.com –  Kepala Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Masoud Jazayeri menegaskan negaranya pantang mundur dalam menolak investiga asing terhadap markas-markas militer Iran.

“Untuk selamanya Iran tidak akan pernah mengizinkan pemeriksaan pihak-pihak asing terhadap pusat-pusat militernya, walaupun hal ini berseberangan dengan penerimaan protokol tambahan,” tegasnya, Minggu (14/6), sebagaimana dikutip Alalam.

Hal ini dia tegaskan menyusul adanya statemen-statemen tentang ini dari sebagian negara P5+1 yang terlibat perundingan nuklir dengan Iran dan bermaksud menjadikan isu pemeriksaan fasilitas militer Iran sebagai bagian dari prasyarat tercapainya kesepakatan final dengan Iran.

“Sudah menjadi tanggungjawab angkatan bersenjata dan otoritas pertahanan negara ini menjaga keamanan dan kemaslahatan negara dan pemerintahan. Masuknya pihak-pihak asing ke pusat-pusat pertahanan dan militer serta pendapatan mereka atas informasi-informasi berkenaan dengan perlengkapan dan taktik terkait berlawanan dengan pesan dan wejangan Pemimpin Besar Revolusi Islam (Grand Ayatullah Ali Khamenei) serta aspirasi bangsa Iran secara umum,” ujarnya.

Dia mengingatkan bahwa ketangguhan resistensi angkatan bersenjata dan rakyat Iran terhadap kekuatan-kekuatan besar dunia sudah berulangkali terbukti di mata lawan maupun kawan.

“Dalam perang yang dipaksakan (oleh rezim Saddam Hossein pada tahun 1980 hingga 1988) bangsa Iran yang sudah menorehkan resistensi terbesar dan kesolidan dalam sejarah Iran selamanya tidak akan pernah membiarkan terwujudnya ambisi-ambisi Setan Besar (Amerika) dan para sekutunya dalam masalah ini,” tegasnya.

Dia menambahkan bahwa hak-hak bangsa Iran harus dibela dan pertahankan, dan protokol apapun tidak boleh mengusik keamanan nasional Iran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL