Teheran, LiputanIslam.com –  Untuk pertama kalinya, Iran memperlihatkan pabrik rudal balistik bawah tanah milik Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Kamis (7/2/2019).

Kantor berita Fars milik Iran menyebutkan rudal pintar darat ke darat “Dezful” telah diluncurkan di sebuah pabrik bawah tanah untuk produksi rudal balistik IRGC di bawah perlindungan Komandan IRGC Mayjen Mohammad Ali Jafari dan Kepala Badan Antariksa Brigjen Amir Ali Haji Zadeh.

Fars memublikasi gambar-gambar sebuah pabrik rudal bawah tanah yang disebut “kota bawah tanah” serta menyebut Dezful sebagai versi rudal Zolfaghar yang berjarak tempuh 700 km dan berhulu ledak seberat 450 kg.

Ali Jafari mengatakan pabrik itu diresmikan sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya “kesombongan Barat bahwa larangan dan ancaman dapat membatasi kami dari tujuan jangka panjang kami.”

“Kami mampu!” tegas Jafari.

Dia mengatakan bahwa produksi ekstensif rudal canggih, akurat, dan pintar dengan teknologi terbaru yang mewakili puncak kemajuan di bidang rudal sekarang menjadi kenyataan berkat jerih payah anak-anak bangsa Iran dalam Pasukan Dirgantara IRGC.

“Pada peringatan 40 tahun kemenangan Revolusi Islam, kami mendeklarasikan kemampuan pertahanan penuh kami. Kemampuan pertahanan Iran adalah pencegahan dan dalam konteks menjaga keamanan nasional, bukan tawar-menawar dan negosiasi,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, “Orang-orang Eropa berbicara tentang membatasi dan memblokir kemampuan pertahanan kami padahal mereka sendiri sama sekali tak segan-segan mengeksploitasi kemampuan ofensif mereka untuk menyerang orang-orang tertindas dan tak bersalah di seluruh dunia, tetapi kami dengan bangga meningkatkan kemampuan pertahanan kami tanpa takut apapun.”

Kepala Humas Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Abbas Sehdahe menyatakan negaranya telah menjelma menjadi kekuatan rudal terkemuka di kawasan dan memiliki jenis rudal jarak menengah dan jauh.

Dia menyebutkan bahwa kemajuan pertahanan Iran juga terlihat signifikan di berbagai bidang lain, dan bahwa negara republik Islam ini sekarang dapat membuat kapal selam, kapal perang, jet tempur sekelas Kowsar, helikopter, pesawat nirawak, dan peralatan lapis baja.

Peluncuran rudal balistik permukaan-ke-permukaan Dezful berjarak jangkau 1.000 km (621 mil) merupakan kelanjutan dari tindakan Iran menolak mentah-mentah desakan Barat terhadap Teheran agar menghentikan program misilnya. (mm/alalam/raialyoum/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*