طائرة لقوات التحالف تهبط في بندرعباس؛ لماذا؟Teheran, LiputanIslam.com – Sebuah sumber dari Bandara Internasional Bandar Abbas, Iran selatan, menyatakan bahwa satu pesawat pasukan sekutu mendarat di bandara tersebut pada Jumat kemarin (5/6), demikian dilaporkan kantor berita resmi Iran, IRNA, Sabtu (6/5). Sedangkan harian Washington Post menyebutkan bahwa pesawat itu membawa 100 personil tentara AS.

Sumber yang dikutip IRNA enggan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai pendaratan pesawat tersebut.

Keterangan sumber-sumber lain yang dikutip Alalam menyebutkan bahwa pesawat itu mendarat di landasan udara ke-9 di Bandar Abbas setelah didekati oleh beberapa jet tempur Iran.

Washington Post menyatakan pesawat itu merupakan pesawat komersial milik maskapai penerbangan Fly Dubai yang dicarter oleh pasukan sekutu di Afghanistan dan di dalamnya terdapat 100 personil tentara AS yang bertolak dari Pangkalan Begram, Afghanistan, menuju Dubai.

Menurut Washington Post, pesawat itu mendarat secara mendadak setelah dipaksa turun atau diancam akan dicegat oleh pihak Iran.

Seorang pejabat AS yang mengetahui laporan awal insiden itu mengatakan ada jet tempur Iran yang mengusik, tapi belakangan Departemen Luar Negeri (Deplu) AS menepis laporan keterlibatan militer Iran dan menyebut insiden itu hanya terkait “masalah birokrasi”.

“Tidak ada jet Iran yang mengusik dalam situasi ini. Kami mengapresiasi semua pihak yang telah membantu para penumpang selamat sampai tujuan,” kata Juru Bicara Deplu AS Marie Harf.

Menurut laporan PressTV, pihak Iran telah meminta pesawat itu memutar balik tapi kemudian memilih turun dan mendarat ke pelabuhan udara Bandar Abbas dengan alasan tidak memiliki bahan bakar yang cukup untuk kembali ke Afghanistan.

Washington Post melaporkan bahwa dalam statemen terbaru pada Jumat malam waktu AS, Marie Harf mengatakan masalah itu sudah teratasi dan pesawatpun dapat “meninggalkan Iran dan sudah mendarat di Dubai.”

Peristiwa ini mengejutkan banyak kalangan karena AS dan Iran sudah lama bermusuhan sehingga tidak memiliki hubungan diplomatik. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL