Teheran, LiputanIslam.com –  Jubir Kemlu Iran Bahram Qasemi menyatakan tak ada kemungkinan bagi negosiasi dan dialog lagi Teheran dengan pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akibat kebijakan-kebijakan Trump yang “terbukti tak dapat dipercaya.”

Dalam jumpa pers, Senin (30/7/2018), dia mula-mula menyebutkan adanya indikasi positif terkait dengan kelanjutan dialog Iran dengan sejumlah negara Eropa.

“Komunikasi kami dengan pihak-pihak Eropa berlanjut, dan ada indikasi positif dan langkah-langkah maju,” katanya.

Qasemi kemudian menyinggung AS dengan mengatakan, “Klaim AS mengenai Iran sama sekali tak ada kaitannya dengan kesepakatan nuklir. AS telah melanggar komitmennya dengan keluar dari perjanjian nuklir, sementara Iran masih berusaha mempertahankan haknya melalui berbagai perangkat  internasional. Permusuhan AS terhadap Iranlah yang menyebabkan dialog dengannya menjadi tak mungkin dalam situasi sekarang.”

Dia menyoal, “Mengingat AS telah keluar dari perjanjian nuklir, melanjutkan kebijakan anti Iran, dan memperketat sanksi ekonomi anti Iran, maka bagaimana mungkin dalam kondisi demikian akan ada kesempatan untuk dialog dengan Washington? Sungguh kami telah mengambil jarak jauh darinya, sebab AS sekarang dengan kebijakan permusuhannya itu telah menghapus segala kemungkinan dialog dan interaksi dengannya, terutama ketika pemerintah (AS) sekarang telah lebih dari seribu kali membuktikan bahwa mereka tak dapat dipercaya.”

Jubir Kemlu Iran melanjutkan bahwa Menlu Oman Yusuf bin Alwi tak mungkin dapat memediasi dialog Washington-Teheran. Karena itu kunjungan Yusuf ke Teheran belum lama ini hanyalah dalam rangka kunjungan rutin dan timbal balik antara kedua negara, dan kunjungan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif ke Omanpun juga dalam rangka membalas kunjungan Yusuf ke Iran.

Namun, Qasemi mengaku tidak tahu apakah masalah mediasi itu masuk dalam agenda kunjungan timbal balik itu.

“Sebaiknya orang tidak membuang waktunya untuk berpikir demikian dan berusaha mengaitkan hal itu dengan kunjungan timbal balik para pejabat kedua negara,” imbuhnya.

Qasemi kemudian menegaskan bahwa pernyataan para pejabat AS mengenai upaya negara ini untuk menggulingkan pemerintahan Republik Islam Iran hanyalah kasak-kusuk belaka yang tak berguna dan tidak mungkin akan menjadi kenyataan. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*