Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara Kemlu Iran Bahram Qassemi menyatakan bahwa hubungan negara ini dengan Turki sedang memasuki babak baru, dan dalam rangka ini Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tak lama lagi akan berkunjung ke Iran.

Dalam jumpa pers di Teheran, Senin (28/8/2017), Qassemi juga menyinggung kunjungan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammad Bagheri ke Turki. Menurut Qassemi, Bagheri telah mengadakan perundingan yang baik dengan Erdogan seputar hubungan bilateral.

“Kunjungan Presiden Turki ke Iran merupakan salah satu sikap yang telah dibahas ini, sekarang sedang dilakukan persiapan untuk kunjungan ini, dan saya berharap akan selesai secepatnya,” ujar Qassemi.

Belum lama ini Erdogan melontarkan pernyataan kontroversial bahwa Iran dan Turki telah mendiskusikan kemungkinan tindakan militer bersama anti kelompok-kelompok bersenjata Kurdi. Erdogan mengatakan demikian setelah Mayjen Bagheri mengadakan pembicaraan dengan para petinggi Turki di Ankara pekan lalu.

Klaim Erdogan tersebut kemudian dibantah oleh pasukan elit Iran, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Kami tidak merencanakan operasi apapun di luar wilayah Iran,” ungkap IRGC dalam statemennya yang dirilis pada 22 Agustus 2017.

Meski demikian, IRGC juga menegaskan, “Akan tetapi, kami senantiasa siap menggunakan kekuatan untuk menghadapi pihak manapun yang berusaha menerobos wilayah Iran untuk melancarkan operasi teror atau menggoyang keamanan kami.” (mm/almayadeen/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL