Teheran, LiputanIslam.com –  Penasihat Pemimpin Besar Iran Mayjen Yahya Rahim Safavi menyatakan bahwa Amerika Serikat (AS) telah mengevakuasi kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (IS/ISIS) dari Suriah dan Irak ke Afghanistan.

Tudingan Iran terhadap AS ini dinyatakan Safavi dalam pidatonya di Universitas Teheran pada momen peringatan HUT ke-40 Kejayaan Revolusi Islam di Iran, Selasa (5/2/2019).

Safavi menjelaskan bahwa konspirasi AS, Rezim Zionis Israel, dan beberapa negara Arab telah menimpakan petaka terhadap Suriah dan Irak dengan lebih dari 100.000 teroris anggota ISIS, dan kemudian mereka ingin mengirim kawanan teroris itu ke Afghanistan dengan motivasi pendeklarasian “kekhalifahan Khurasan” dan dalam rangka ini mereka bahkan juga sudah mengangkat siapa yang menjadi “khalifah” dalam kekhalifahan itu.

Sebagaimana dilansir kantor berita ISNA dan dikutip Anadolu, pejabat Iran itu menyatakan pihaknya  memiliki informasi intelijen yang pasti mengenai evakuasi kawanan ISIS dari Suriah dan Irak ke Afghanistan.

Dilaporkan bahwa belakangan ini telah terjadi konfrontasi antara ISIS dan Taliban yang menewaskan ratusan warga sipil di banyak daerah di Afghanistan. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*