iran mohsen_rezaeiTeheran, LiputanIslam.com –   Sekretaris Dewan Kebijaksanaan Republik Islam Iran Mohsen Rezaie mengecam keras keberpihakan Amerika Serikat (AS) kepada Arab Saudi, dan mengingatkan bahwa AS pada akhirnya akan menyadari betapa rejim dinasti al-Saud tak kalah kejinya dengan gerombolan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“AS yang sekarang berpihak kepada Arab Saudi  suatu saat akan mengetahui bahwa Wahabisme lebih buruk daripada ISIS, karena Saudi pada akhirnya juga akan menumpahkan reputasinya yang masih tersisa,” ujarnya dalam pidato peringatan 1880 martir Iran di provinsi Kohgiluyeh adan Boyer-Ahmad, Minggu (2/10/2016), seperti dikutip FNA.

Dia menambahkan, “AS belum mengambil pelajaran dari nasib Saddam dan ISIS. AS membeking orang-orang Wahabi dari klan al-Saud….  Kecaman Iran terhadap kalian adalah terkait dengan motivasi kalian melanggar kedaulatan negara-negara merdeka seperti Suriah dan Yaman.”

Dia menegaskan bahwa Iran menyerukan kepada semua negara sekitar supaya mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaannya dan jangan sampai bersedia menjadi pelayan AS dan Israel.

Menurutnya, kesediaan menjadi pelayan dua negara arogan ini telah menjadi sebab mengapa demokrasi dan aspirasi rakyat tidak dimungkin dapat ditegakkan di negara-negara seperti Arab Saudi yang dikuasai oleh dinasti. (mm) 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL