Iran Amir-AbdollahianTeheran, LiputanIslam.com – Pemerintah Republik Islam Iran menilai positif resolusi yang belum lama ini dikeluarkan oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berkenaan dengan pengendalikan kelompok-kelompok teroris. Teheran memandangnya dapat membantu proses bantuan kemanusiaan di Irak dan Suriah.

Sebagaimana diberitakan IRNA, penilaian tersebut dinyatakan oleh Deputi Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika, Hossein Amir Abdollahian, dalam pertemuannya dengan Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Kemanusiaan dan Kordinator Bantuan Darurat PBB, Valerie Amos, di Teheran, Iran, Senin (18/8).

Dalam pertemuan itu Abdollahian juga meminta PBB bersikap tegas terhadap kasus-kasus serangan tentara Zionis terhadap gedung-gedung milik lembaga PBB tersebut di Gaza. Selain itu, dia menyatakan kesiapan negaranya menerima dan merawat para korban luka Palestina serta memberikan bantuan kesehatan dan kemanusiaan kepada penduduk Gaza.

Lebih jauh dia menegaskan keharusan mengurangi pengaruh politik terhadap semua upaya penyaluran bantuan kemanusiaan, termasuk di Suriah.

Di pihak lain, Amos mengaku pihaknya terus menindak lanjuti upaya penyaluran bantuan kemanusiaan di Suriah, Irak, dan Gaza.

“Kami berusaha menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Suriah tanpa terpengaruh oleh persoalan politik,” ungkapnya.

Valerie mengapresiasi sepak terjang Iran dalam proses penyaluran bantuan kemanusiaan kepada warga Suriah yang menjadi korban perang. Dia juga menyatakan pihaknya terus menggalang kerjasama dengan negara-negara yang memiliki pengaruh di Suriah untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada penduduk yang terjebak di tengah konflik antara pasukan Suriah dan kubu pemberontak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL