Iran Amir-AbdollahianTeheran, LiputanIslam.com – Pemerintah Republik Islam Iran menilai postif perkembangan situasi politik di Yaman bagi keamanan regional. Penilaian ini diutarakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika Hossein Amir Abdollahian dalam jumpa pers di Teheran sembari menyatakan bahwa pihak yang dirugikan oleh perkembangan itu hanyalah kelompok-kelompok teroris yang bercokol di Yaman.

Di sela-sela perayaan HUT ke-36 Revolusi Islam Iran Rabu (11/2/2015) dia mengatakan bahwa Iran mendukung perkembangan situasi yang ditandai dengan “Deklarasi Konstitusional” yang dimaklumkan oleh gerakan Ansarullah atau kelompok Syiah al-Houthi beberapa waktu lalu.

“Kami mendukung kemerdekaan dan integritas nasional Yaman,” ungkapnya, sebagaimana dikutip Alalam.

Dia menambahkan, “Yaman kembali kepada setiap orang Yaman sendiri, dan Ansarullah bergerak dengan cerdas dalam rangka mendorong proses politik, perang melawan korupsi sekaligus terorisme sambil mengindahkan aspirasi rakyat.

Abdollahian mengingatkan bahwa apa yang terjadi di Yaman adalah urusan dalam negeri yang harus ditangani oleh bangsa Yaman sendiri, sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dapat membantu menegakkan stabilitas dan keamanan Yaman dan kawasan sekitar dengan sikap yang realistis.

Dia menilai keamanan di Yaman adalah keamanan regional secara umum, dan karena itu Iran mendukung segala upaya menggalang perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan rakyat Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL