Teheran, LiputanIslam.com – Iran telah mengirim bahan pangan ke Qatar, Kamis pagi (8/6/2017).  Kiriman tahap pertama telah tiba di Qatar dengan pesawat kargo Boeing 474, sementara kedua negara juga sedang berunding mengenai pengiriman bahan pangan melalui jalur laut yang akan dilaksanakan mulai pekan depan.

Kepala perhimpungan eksportir produk pertanian Iran Reza Nourani mengatakan bahwa perundingan masih berlangsung antara Teheran dan Doha untuk pengiriman bahan pangan dari tiga pelabuhan di bagian selatan Iran, dan bahwa hasil perundingan ini akan diumumkan pada hari-hari dimulainya ekspor sesuai kebutuhan-kebutuhan yang dinyatakan oleh Qatar.

Nourani menambahkan di tengah gejolak hubungan Qatar dengan sejumlah negara jirannya, Iran justru siap memenuhi semua bahan pangan dan produk pertanian yang dibutuhkan oleh Qatar, dan sejauh ini sudah dilakukan berbagai tindakan yang diperlukan untuk pengapalan komoditas dari pelabuhan Bushehr, Bandar Abbas, dan Bandar Lengeh, melalui perusahaan Valfajr Shipping Line.

Seperti diketahui, Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain menutup semua jalur darat, laut dan udaranya dengan Qatar, sehingga perairan internasional dan udara Iran menjadi satu-satunya jalur akses Qatar ke luar negeri.

Sementara itu, jubir Kemlu Pakistan Nafeez Zaakriya dalam jumpa pers mingguannya Kamis sore di saat ditanya wartawan mengenai sikap negara ini terhadap krisis Qatar menyatakan Islamabad mengutamakan persatuan antarnegara Islam.

“Pakistan menganut (prinsip) persatuan Dunia islam, dan telah banyak berusaha mewujudkan misi ini,” katanya, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL