fasilitas nuklir iranTeheran, LiputanIslam.com – Pejabat senior bidang nuklir Iran menyatakan bahwa berkat jerih payah para pakar nuklir Iran negara ini sudah menjadi satu di antara sejumlah kecil negara yang sudah menguasai pengetahuan tentang Unsur Tanah Jarang (Rare Earth Element /REE).

Wakil Ketua Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Ali Asghar Zarean menyampaikan hal tersebut di sela-sela seremoni HUT ke-10 Hari Teknologi Nuklir Nasional Iran di Teheran, Kamis (7/4).

REE biasa didefinisikan sebagai lantanum (La) dan 14 elemen yang terdiri dari serangkaian Lantanida. Unsur ini sangat efektif digunakan di bidang pertanian terkait dengan hasil tanaman serta berat badan unggas, dan baru 50 tahun dunia berkenalan dan akrab dengan pengetahuan ini.

Zarean mengatakan bahwa Iran akan mengungkapkan prestasi terbaru Iran dibidang nuklir, termasuk mengenai dua tipe mesin sentrifugal canggih yang sejauh ini diproduksi hanya oleh Amerika Serikat dan Jepang.

“Para pakar IAEO telah berhasil mendobrak monopoli ini, dan membuat Iran menjadi negara ketiga di dunia yang berkemampuan memroduksi dua tipe sentrifugal itu,” katanya, seperti dilansir IRNA dan dikutip Rai al-Youm.

Sementara itu, sebagaimana dilaporkan PressTV, pada acara tersebut Presiden Iran Hassan Rouhani telah menyinggung 12 prestasi Iran di bidang nuklir, dan menyebutkan bahwa perjanjian nuklir Iran dengan kelompok P5+1 telah membuka kesempatan bagi Iran dalam berinteraksi dengan khalayak dunia.

Dia memastikan bahwa kekuatan militer Iran sama sekali tidak untuk mengancam negara manapun di kawasan regional maupun global.

“Kami bukan ancaman bagi negara manapun. Kami tidak menimbulkan ancaman bagi negara manapun. Kami tidak memiliki rencana untuk mengancam atau menekan mereka… Selama 37 tahun sejak (kemenangan) Revolusi Islam, kami tak pernah menyerang negara manapun, atau mengancam siapa pun. Kami hanya membela diri jika kami menyerang,” tegasnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL