zarif ki moonTeheran, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif Jumat (17/4) melayangkan surat resmi kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon mengenai gagasan Teheran untuk meredakan konflik di Yaman.

Prakarsa damai Iran itu terdiri atas empat poin; Penerapan gencatan secepatnya, pengiriman bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman, dimulainya kembali dialog nasional, dan pembentukan pemerintahan nasional yang melibatkan semua pihak di Yaman.

“Saya mengharapkan kepedulian Anda kepada kondisi di Yaman yang sangat mengenaskan dan terus memburuk akibat serangan udara yang secara terbuka melanggar undang-undang internasional yang paling prinsipal,” ungkap Javad Zarif dalam surat tersebut, sebagaimana dilansir kantor berita Turki, Anatolia.

Menlu Iran juga menyatakan bahwa operasi “Badai Mematikan” yang dilancarkan koalisi Arab pimpinan Saudi terhadap Yaman melangkahi tujuan dan prinsip yang terkandung dalam Piagam PBB, terutama keharusan menghindari ancaman dan penggunaan kekuatan militer dalam hubungan internasional.

Secara lebih jelas, empat poin yang dikemukakan Menlu Iran dalam surat resminya kepada Sekjen PBB untuk mengatasi konflik Yaman ialah sebagai berikut;

1. Penghentian secepatnya pertempuran di Yaman serta semua serangan militer asing terhadap negara ini.
2. Pengiriman bantuan kemanusiaan dan medis sesegera mungkin tanpa ada kendala apapun untuk rakyat Yaman.
3. Dimulainya kembali dialog nasional Yaman dengan pimpinan dari pihak Yaman sendiri dan dengan melibatkan perwakilan dari semua partai dan elemen politik dan sosial.
4. Pembentukan pemerintahan persatuan nasional yang komprehensif dan melibatkan semua pihak.

Menlu Iran menyatakan kepada Sekjen PBB, “Kami berharap Anda dapat mengerahkan segenap upaya terpuji Anda, melakukan pembicaraan dengan semua pihak terkait untuk memudahkan penghentian secepatnya pengeboman yang tidak artinya itu, dan memulai perundingan yang sesungguhnya untuk menciptakan solusi politik bagi krisis ini.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL