Teheran, LiputanIslam.com –  Republik Islam Iran menyelenggarakan pemilu presiden (pilpres) ke-12 hari ini, Jumat (19/5/2017), di mana rakyat Iran akan memilih presiden untuk masa jabatan empat tahun ke depan di antara empat capres yaitu, presiden petahana Hassan Rouhani, Ebrahim Raisi, Mostafa Mir-Salim, dan Mostafa Hashemi-Taba.

Kemendagri Iran menyatakan bahwa hasil pemilu akan diumumkan secara bertahap bersamaan dengan proses penghitungan suara, dan semua tahap pendahuluan penyelenggaraan pemilu berjalan lancar tanpa ada gangguan keamanan apapun berkat upaya keras aparat keamanan.

Setelah satu hari masa tenang pasca kampanye sekira 65 juta warga berhak pilih akan memberikan suaranya hari ini, dan di antara empat capres yang ada terdapat dua orang yang paling berpeluang memenangi suara, yiatu Rouhani dari kubu reformis dan Raisi dari kubu konservatif.

Sebelumnya, capres Bagher Ghalibaf yang juga disebut berasal dari kubu konservatif telah mengundurkan diri demi memberikan kesempatan lebih besar bagi kemenangan Raisi.

Berbagai seruan telah dikumandangkan oleh para pejabat dan tokoh di negeri Persia ini, terutama pemimpin besar revolusi, Grand Ayatullah Ali Khamenei,  agar rakyat Iran berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara demi menyukseskan pemilu, karena kesuksesan ini juga menjadi simbol kekuatan Iran dalam menghadapi musuh-musuhnya di luar. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL