Teheran, LiputanIslam.com –  Iran dan Rusia menyambut gembira pengibaran bendera nasional Suriah di kota Manbij di bagian utara negara ini dekat perbatasan Turki oleh tentara Suriah yang memasuki kota ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasimi, Jumat (28/12/2018), menyatakan bahwa hal tersebut merupakan langkah maju dalam konsolidasi kedaulatan pemerintah Suriah di seluruh bagian negara ini.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Komando Umum Pasukan Arab Suriah (SAA), Kamis, mengumumkan pihaknya telah memasuki kota Manbij dan telah mengibarkan bendera Suriah di kota yang dibayangi ancaman militer Turki tersebut

Mengenai sikap Iran atas masuknya SAA ke Manbaj itu Qasimi menyatakan negaranya menyambut baik perkembangan ini serta menilainya sebagai tindakan dalam rangka mengokohkan kedaulatan hukum Suriah atas setiap bagian dari negara ini dan merupakan langkah baru menuju penyelesaian krisis Suriah.

Sambutan serupa juga dinyatakan oleh Kremlin, Jumat, dengan menyebutnya “pemulihan kendali pemerintah Suriah atas kota Manbij” dan merupakan “langkah positif yang berkontribusi pada pemulihan stabilitas”

Kedatangan SAA ke Manbij terjadi tak lama setelah milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang notabene tulang punggung Pasukan Demokrat Suriah (SDF) secara resmi mengundang pemerintah Damaskus untuk menerapkan  kendalinya atas Manbij manakala Turki mengancam mengintervensi kawasan sisi timur Sungai Eufrat, setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan pasukannya dari Suriah. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*