Teheran, LiputanIslam.com –  Iran dan gerakan Hizbullah Lebanon mengecam tindakan otoritas Bahrain mengeksekusi tiga warga Bahrain yang dinyatakan terlibat dalam aksi peledakan yang menewaskan tiga polisi.

Juru bicara Kemlu Iran Bahram Ghasemi, Minggu (15/1/2017), mengatakan, “Pemerintah Bahrain bertanggungjawab atas resiko tindakan ekstrim itu… Dengan tindakan ceroboh ini, rezim Bahrain kembali menunjukkan keengganannya mencari solusi damai, dan malah bersikeras menempuh solusi keadaan dan represif.”

Minggu pagi pemerintah Bahrain mengumumkan tiga warganya telah dieksekusi sesuai vonis yang dijatuhkan oleh pengadilan kasasi beberapa waktu lalu. Mereka dieksekusi dengan tembakan setelah dinyatakan terlibat dalam peledakan yang menewaskan tiga polisi Uni Emirat Arab pada Maret 2014.

Para ulama di negara yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah ini mengumumkan masa berkabung tiga hari atas eksekusi itu.

Gerakan Hizbullah yang berbasis di Lebanon mengutuk peledakan di tahun 2014 tersebut, tapi di saat yang sama juga mengecam eksekusi itu dan menyebutnya sebagai kejahatan.

Dalam statamennya Hizbullah mengecam “kejatahan yang dilakukan oleh otoritas Bahran Minggu pagi berupa eksekusi terhadap tiga pemuda tak berdosa, sebagaimana diakui oleh sejumlah organisasi internasional.”

Menurut Hizbullah, eksekusi itu jelas akan menghilangkan kesempatan untuk mendapat solusi politik bagi krisis di negara ini.

Unjuk rasa protes terhadap eksekusi itu melanda berbagai daerah di Bahrain. Massa menutup jalan-jalan dengan membakar ban, sementara aparat keamanan menembaki massa dengan peluru gas air mata, sebagaimana terlihat dalam foto-foto yang beredar di media sosial, sementara pemerintah Bahrain sendiri melarang semua kantor berita asing melakukan liputan secara independen terhadap aneka peristiwa yang terjadi di negara ini.

Bahrain kerap dilanda kerusuhan sejak  pemerintah negara ini merepresi aksi-aksi unjuk menuntut reformasi yang dimulai pada Februari 2011. Massa pengunjuk rasa menuntut penerapan sistem monarki konstitusional.  (mm/tasnim/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL