iran usa iraqWina, LiputanIslam.com – Mengenai krisis Irak, pemerintah Iran dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah melakukan perundingan pada hari Senin (16/4/2014) di Wina, Austria. Laporan Reuters yang dikutip FNA Selasa (17/6/2014) menyebutkan bahwa seorang pejabat resmi Iran mengatakan kepada Reuters, “Kami telah berdiskusi dengan AS, tapi tidak membuahkan hasil tersendiri.”

Pejabat resmi Iran yang tidak disebutkan namanya itu menambahkan, “Iran adalah sebuah negara besar dan sanggup memainkan peranan penting dalam upaya pemulihan perdamaian dan keamanan di Irak.”

Pejabat itu menegaskan bahwa sama sekali tidak ada pembicaraan antara Iran dan AS di bidang kerjasama militer, karena opsi demikian memang tidak ada. Adapun keputusan final, lanjutnya, akan diambil di ibu kota masing-masing negara.

Para diplomat senior Iran dan negara-negara yang tergabung dalam Kelompok 5+1 (AS, Inggris, Perancis, Rusia, dan Cina plus Jerman) mengadakan pertemuan di Wina untuk melanjutkan perundingan nuklir Iran.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Marie Harf, dalam wawancara dengan CNN membenarkan kabar bahwa Iran dan AS telah mengadakan pertemuan singkat di sela-sela perundingan Wina tersebut.

Harf mengatakan, “Hingga kini belum jelas apakah kami akan melanjutkan perundingan dengan Iran dalam masalah Irak. Yang jelas, Teheran dan Washington sependapat mengenai keharusan tidak adanya teroris di Irak.” Dia menambahkan bahwa negara manapun tidak akan dapat mengatasi problema Irak. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL