Istanbul, LiputanIslam.com –  Sumber anonim Turki telah menyingkap adanya “godaan menggiurkan” dari Presiden Iran Hassan Rouhani kepada Raja Yordania Abdullah II dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas berupa jaminan kerjasama keamanan, politik, dan ekonomi jika keduanya bersedia bekerjasama dengan Iran.

Kamis (11/1/2018) dilaporkan bahwa Iran telah menawarkan hal itu kepada keduanya dalam pertemuan singkat di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) mengenai Al-Quds (Yerussalem) di kota Istanbul, Turki, pada Desember 2017.

Dalam pertemuan singkat itu Presiden Iran menyatakan kepada Raja Yordania dan Presiden Palestina kesiapan Teheran memberikan segala bentuk dukungan kepada mereka jika mereka membangun kerjasama strategis dengan Iran.

Menurut sumber Turki itu, Rouhani menegaskan bahwa Teheran siap memulai “hubungan yang sangat kuat” dengan Abdullah II dan Abbas serta memberikan “dukungan terbuka di segala bidang” jika keduanya menetapkan adanya kemaslahatan yang menuntut mereka untuk keluar dari poros Saudi.

Raja Yordania dan Presiden Palestina mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Iran setelah keduanya berkunjung ke Arab Saudi menjelang KTT OKI di Istanbul, dan keduanya diminta oleh Saudi supaya tidak menghadiri KTT ini.

Sumber Turki menyebutkan bahwa Iran menawarkan kepada keduanya kerjasama ekonomi dan koordinasi keamanan tingkat regional dan resistensi terhadap tekanan Israel serta kerjasama di bidang investasi. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*