تجهيز بحرية الجيش الايراني بصواريخ كروز من طراز "قدير"Teheran, LiputanIslam.com – Pemerintah Iran mulai membekali Angkatan Laut (AL) negara republik Islam ini dengan rudal jelajah canggih bernama “Qader” yang dibuatnya sendiri sejak beberapa tahun silam dan diungkap pertama kali pada tahun 2011.

Sebagaimana dilaporkan FNA Jumat (29/11), Kementerian Pertahanan (Kemhan) Iran telah menyerahkan rudal jelajah laut Qader dalam jumlah besar kepada AL Iran dalam seremoni yang dihadiri oleh Menhan Iran Brigjen Hossein Dehghan dan Komandan AL Iran Laksana Muda Habibollah Sayyari pada momen peringan HUT AL Iran yang jatuh pada tanggal 28 November.

Dehghan dalam kata sambutannya mengatakan, “Rudal jelajah laut ini dibuat oleh para saintis dan pakar di organisasi industri dirgantara Kemhan, dan telah diserahkan untuk pertama kalinya kepada AL Iran.”

Dia menjelaskan, “Rudal maritim Qader memiliki memiliki keistimewaan berupa jarak jelajahnya yang jauh, mudah dan cepat disiapkan dan ditembakkan, melayang pada ketinggian rendah, membidik sasaran dengan akurat, memiliki daya perusak yang besar, dan resisten terhadap gangguan elektronik.”

Dia menegaskan bahwa Kemhan Iran sudah menjadwal langkah-langkahnya yang kontinyu dan berkesinambungan untuk membekali angkatan bersenjata Iran dengan berbagai jenis senjata mutakhir berteknologi tinggi, dan “musuh-musuh tahu persis bahwa segala bentuk aksi gara-gara dan tindakan irasional pasti akan mendapat reaksi sengit yang akan membuat mereka jera.”

Menurutnya, situasi di Timteng terus mengarah kepada ketegangan dan krisis yang sebab utamanya adalah kebercokolan dan camputangan kekuatan-kekuatan regional dan asing serta dukungan mereka kepada kelompok-kelompok teroris secara terbuka maupun tertutup.

“Yang terancam bukan hanya kawasan ini saja, melainkan dunia secara keseluruhan. Di tengah perkembangan ini apa yang sangat dipentingkan Iran ialah kesiapan melakukan pencegahan yang efektif dalam melawan ancaman-ancaman ini,” katanya.

Dia memastikan bahwa angkatan bersenjata Iran terus meneropong dengan ekstra cermat perkembangan situasi regional serta segala hal yang menuntut pengamaman nasional Iran secara memadai.

Dia juga menegaskan bahwa khalayak dunia kini sudah mengakui bahwa Iran telah menjadi “elemen dasar bagi upaya mewujudkan stabilitas, keamanan dan tatanan di kawasan, dan berpengaruh pula di level keamanan global.”

Di bagian akhir dia mengingatkan bahwa negaranya sama sekali tidak memiliki ambisi terhadap negara dan kawasan manapun, melainkan semata-mata berusaha menggalang stabilitas dan keamanan serta melawan elemen-elemen pengacau keamanan, terutama di kawasan yang menjadi sasaran ambisi kekuatan-kekuatan hegemonik dunia. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL