kru kapal AS yg ditangkap IRGC

Anggota AL AS yang ditangkap IRGC di Teluk Persia.

Teheran, LiputanIslam.com – Humas Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) dalam statemennya yang dirilis Rabu (13/1) menyatakan pihaknya telah melepaskan para anggota Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) yang ditangkap AL IRGC Selasa sore waktu setempat (12/1) di perairan dekat Pulau Farsi yang berbatasan dengan Kuwait dan Bahrain di Teluk Persia. (Baca: Masuk ke Perairan Iran, Dua Kapal dan Kru AS Ditahan Garda Revolusioner Iran)

Dalam statemen itu IRGC juga menyatakan bahwa dari hasil penyelidikan diketahui bahwa pelanggaran dilakukan para anggota AL AS itu dilakukan karena faktor kelalaian, dan bukan karena unsur kesengajaan.

“Setelah para anggota AL AS itu dibawa ke markas IRGC penyelidikan lantas dilakukan mengenai proses dan tujuan operasi (pelanggaran) ini. Bersamaan dengan ini para pejabat AS menghubungi para pejabat Iran dan menyatakan bahwa masuknya AL AS ke perairan Iran itu bukan karena kesengajaan. Mereka meminta supaya para anggota AL itu dibebaskan,” ungkap IRGC, sebagaimana dilansir Alalam,

kapal AL yg ditangkap IRGC

Dua kapal AL AS yang ditahan IRGC.

IRGC menambahkan bahwa keputusan pembebasan mereka diambil setelah dilakukan penyelidikan serta terjadi pembicaraan yang dilakukan oleh para pejabat terkait, kemudian dipastikan bahwa masuknya mereka ke perairan Iran bukan karena kesengajaan dan pihak AS pun meminta maaf atas kejadian ini.

Menurut IRGC, ketika para kru kapal AS yang berjumlah 10 orang itu ditangkap, tak jauh dari lokasi penangkapan terdapat kapal induk Harry S. Truman milik AS dan kapal induk Charles de Gaulle milik Perancis.

Di bagian akhir statemen ditegaskan bahwa AL IRGC akan tetap tegas dan solid membela kedaulatan Republik Islam Iran di Teluk Persia dan Selat Hormuz. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL