NewYork, LiputanIslam.com –  Iran membantah keras apa yang dinyatakan Dubes Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley bahwa rudal yang digunakan kelompok Ansarullah (Houthi) di Yaman untuk menyerang Riyadh, ibu kota Arab Saudi, adalah “buatan Iran”.

Halley memaparkan beberapa “bukti”, namun pihak Iran di PBB menyebutnya “bukti-bukti palsu” dan “tuduhan tak berdasar, tak bertanggungjawab, serta provokatif dan merusak.”

Halley menyatakan, “AS memiliki bukti-bukti bahwa rudal yang diarahkan ke bandara sipil di Riyadh adalah rudal Iran… Perilaku Iran di Timteng semakin buruk dan memicu konflik di kawasan ini.”

Dia menyerukan kepada negara-negara lain dan para anggota Kongres AS supaya “menyaksikan bukti-bukti mengenai perbuatan Iran.”

Saudi menyambut gembira statemen Halley dan kembali mengecam dukungan Iran kepada Ansarullah, dan menyebut Ansarullah sebagai kelompok teroris yang telah melakukan kudeta secara tidak sah di Yaman, menguasai impor minyak untuk mendanai aksi teror, mengancam keamanan jalur laut,  menyerang kota-kota padat penduduk di Saudi dengan rudal balistik dengan bantuan Iran, dan melanggar resolusi 2216 dan 2231 Dewan Keamanan PBB.

Sekjen PBB António Guterres sebelumnya menyatakan bahwa para pakar lembaga ini berhasil menemukan serpihan rudal itu dalam pencarian selama tanggal 17 – 21 November lalu.

Para pakar mengatakan bahwa keputusan, penjelasan, dan berbagai dimensi komponen yang telah diteliti memiliki kesesuaian dengan  komponen rudal Iran “Qiam-1”,  namun mereka mengaku tidak menemukan “bukti apapun” mengenai “perantara atau penyuplai” senjata itu kepada Ansarullah.

Menurut Guterres, pihaknya masih terus menganilisa data-data yang telah dihimpun dan akan dilaporkan kepada Dewan Keamanan PBB pada saatnya yang tepat.

Awal pekan lalu surat kabar Foreign Policy menyebutkan bahwa para pakar telah menemukan beberapa komponen buatan Iran, tapi dalam kesimpulannya mereka justru juga mengaku menemukan beberapa unsur yang berasal dari AS. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL