Teheran, LiputanIslam.com –  Perwakilan Iran di PBB membantah kabar mengenai kemungkinan akan diadakannya pertemuan Presiden Iran Hassan Rouhani dengan sejawatnya dari AS, Donald Trump, di markas PBB, New York, AS.

Juru bicara perwakilan Iran di PBB, Alireza Mir Yousefi, Jumat (6/9/2019), menyatakan bahwa laporan dari kantor berita Jepang, Kyodo, yang dikutip dari sumber pemerintah AS, tentang kemungkinan tersebut hoax belaka.

“Kami tidak mendapatkan masalah ini, dan tak ada kemungkinan penyelenggaraan pertemuan antara dua presiden ini di sidang Majelis Umum PBB,” ujar Yousefi.

Di Iran sendiri, komandan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Mayjen Hossein Salami di hari yang sama menegaskan bahwa di Iran ada tak seorangpun yang berniat berunding dengan AS.

“Perundingan diinginkan oleh AS, sementara di Iran tak ada seorangpun yang akan membantu musuh untuk keinginan itu,” ujarnya, sembari menegaskan bahwa mustahil persoalan Iran akan dapat diselesaikan justru oleh musuhnya.

Baca: Zarif Sebut Iran akan Lanjutkan Perundingan JCPOA Meski Kurangi Beberapa Komitmen

Dia menambahkan, “Kerjasama dengan Iran menjadi idaman AS, Trump sangat menginginkan perundingan barang beberapa menit dengan salah seorang pejabat Iran.”

Salami menyatakan demikian setelah Menteri Pertahanan AS Mark Esper membuat pernyataan yang mengisyaratkan adanya niat Teheran untuk berunding dengan Washington.

Baca: Zarif Sebut Departemen Keuangan AS “Sipir Penjara”

Trump sendiri sebelumnya telah berulangkali menyatakan kesiapannya mengadakan pertemuan dengan pemimpin Iran, namun Rouhani menolaknya sembari menegaskan bahwa segala bentuk perundingan harus didahului dengan pencabutan semua sanksi AS terhadap Iran.

Menanggapi usulan sejawatnya dari Perancis, Immanuel Macron, pada penutupan Pertemuan Puncak G7 di Perancis 26 Agustus lalu, Trump menyatakan kesiapannya mengadakan pembicaraan dengan presiden Iran sembari menyebutkan bahwa pertemuan demikian dapat dilakukan pada beberapa minggu ke depan. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*