qasem soleimani iran

Jenderal Iran Qasem Soleimani bersama relawan Irak di sebuah lokasi pertempuran melawan ISIS.

Teheran, LiputanIslam.com – Wakil Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika Hossein Amir Abdollahian menepis keras laporan sebagian media asing bahwa komandan Korps Pasukan al-Quds Mayjen Qasem Soleimani terluka akibat serangan teroris di Irak. Dia menegaskan bahwa jenderal Iran itu alam kondisi segar bugar, dan berita tersebut sama sekali tidak benar.

“Isu yang disebar itu sama sekali tidak benar, beliau ada di Iran dalam kondisi segar bugar,” kata Abdollahian di Teheran kepada kantor berita resmi Iran, IRNA, Kamis (15/1/2015) di sela-sela haul pertama diplomat Iran Abol Qasem Asadi di tangan kawanan teroris di Yaman tahun lalu.

Sebelumnya beberapa media online yang berbasis di Amerika Serikat melaporkan bahwa Soleimani menderita luka parah akibat ledakan bom bunuh diri anggota teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Samarra di utara Baghdad. Berita yang sama juga dilaporkan oleh koran Jerman Frankfurter Allgemeine Zeitung yang mengutip laporan TV Israel.

Qasem Soleimani adalah komandan Pasukan Quds yang merupakan bagian dari pasukan elit Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC). Nama jenderal ini sangat popular di tengah masyarakat Irak dan Suriah karena banyak terlibat dalam pengaturan strategi perang melawan teroris di dua negara tersebut.

Fotonya pernah terpajang di sampul majalah Newsweek terbitan Amerika Serikat (AS) pada nomornya yang terbit 27 November 2014 disertai kalimat “Pertama Dia Perangi Amerika, Sekarang Dia Tumpas ISIS”.

Beberapa fotonya bersama relawan Irak dan pasukan Kurdi juga beredar tak lama setelah pembebasan kota Amirli dari kepungan ISIS. Keberadaannya di Suriah dan Irak dianggap banyak kalangan sangat berpengaruh dalam kekalahan pasukan ISIS di berbagai kawasan Suriah dan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*