iran-behram-qassemiTeheran, LiputanIslam.com –   Jubir Kemlu Iran Bahram Qassemi menyatakan bahwa krisis Suriah tidak lepas dari kesalahan Perancis dalam mengambil kebijakan mengenai Suriah.

“Semua orang mengetahui bahwa Perancis sendiri merupakan salah satu negara yang telah salah kebijakan sehingga menyebabkan krisis seperti yang ada sekarang di Suriah, dan memperumit ketakutan dan situasi mencekam di sana,” ujar Qassemi, Rabu (28/9/2016, seperti dilansir Press TV.

Pernyataan ini dia kemukakan sebagai tanggapan terhadap pernyataan Menlu Perancis Jean-Marc Ayrault yang menyalahkan dukungan Iran kepada pemerintah Damaskus dalam krisis Suriah.

Qassemi menyebut pernyataan Menlu Perancis itu tidak realistis dan tak terduga. Dia mengingatkan bahwa peranan Iran di Suriah adalah memerangi teroris takfiri asing yang disponsori oleh beberapa negara Barat, terutama Perancis.

Qassemi mengatakan bahwa daripada berkomentar yang bukan-bukan, Ayrault sebaiknya mempelajari sejarah beberapa dekade terakhir kawasan Timteng, karena di situ akan terlihat peran beberapa negarawan Perancis dalam mendukung dan mempersenjatai penjahat semisal mantan diktator Irak Saddam Hussein dalam perang Iran-Irak selama kurun waktu 1980-1988. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL