Teheran,LiputanIslam.com-Kementerian Luar Negeri Iran memberi tanggapan terhadap laporan tahunan Kemenlu AS tentang HAM yang juga menyinggung Iran. Bahram Qassemi mengecam klaim-klaim yang termaktub dalam laporan ini dan mengatakan,”Berdasarkan rapor merah AS terkait HAM, baik di dalam atau luar negeri, pemerintah AS tidak dalam posisi untuk menilai kondisi HAM di negara-negara lain.”

Menurut juru bicara Kemenlu Iran, tidak ada lembaga internasional manapun yang memberikan wewenang semacam ini kepada AS.

“AS tidak punya hak dan tak bisa membayangkan dirinya berwenang menilai kondisi HAM secara sepihak dan dengan sudut pandang politis,”ungkap Qassemi.

Qassemi lalu menyebutkan kebijakan-kebijakan AS di berbagai belahan dunia yang melanggar kedaulatan negara-negara terkait. Dia menyatakan, kebijakan imigrasi AS yang melarang masuknya Muslimin ke AS dan menyebabkan kesusahan bagi para keluarga mereka, sebagai salah bentuk pelanggaran HAM oleh AS.

“Langkah AS dalam mempublikasikan laporan semacam ini, lebih merupakan upaya untuk menutup-nutupi persoalan HAM dalam negeri mereka. Juga untuk mengalihkan perhatian opini dunia dari dukungan AS kepada sejumlah sekutunya di Timteng yang tengah melakukan kejahatan perang,”pungkasnya. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL