kapal bantuan iran utk yamanLondon, LiputanIslam.com – Lembaga Bulan Sabit Merah Iran sudah selesai mempersiapkan pelayaran kapal menuju pelabuhan Hadidah, Yaman. Selain mengangkut bantuan kemanusiaan, kapal itu juga membawa para aktivis dari berbagai negara dan Iran sendiri.

“Bantuan Iran ini terdiri atas 2500 ton bahan makanan, obat-obatan, selimut dan tenda,” ungkap sumber yang mengetahui masalah ini kepada media online Rai al-Youm yang bermarkas di London, Senin (11/5).

Sumber itu menambahkan bahwa lembaga Bulan Sabit Merah Saudi, Yaman, Jibouti dan Oman serta beberapa lembaga internasional, termasuk Komite Palang Merah Internasional, sudah diberitahu oleh Bulan Sabit Merah Iran perihal pelayaran kapal yang bertolak dari pelabuhan Bandar Abbas, Iran, tersebut.

Dia mengatakan bahwa kapal itu juga ditujukan untuk memecah blokade terhadap Yaman demi menyampaikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman. Kapal itu menempuh rute dari Teluk Persia menuju Laut Oman lalu ke Selat Aden kemudian Laut Merah dan terakhir Pelabuhan Hadidah di Yaman.

Para pejabat Bulan Sabit Merah Iran mengumumkan bahwa mereka sudah menjalin koordinasi dengan Bulan Sabit Merah Yaman, Departemen Kesehatan Yaman dan semua lembaga terkait di Yaman untuk penyerahan dan pendistribusian bantuan itu kepada rakyat yang membutuhkannya.

Sumber-sumber yang dihubungi Rai al-Youm mengatakan sudah ada keputusan di level militer dan politik Iran untuk pengambilan reaksi keras terhadap siapapun yang mencoba menghadang kapal tersebut.

“Kami akan membabat tangan yang mencoba mencegah kapal itu,” ungkap seorang narasumber menirukan pernyataan seorang pejabat Iran yang juga tak disebutkan namanya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL