satelit iran2Teheran, LiputanIslam.com – Waskil Presiden Iran Mohammad Shariatmadari mengumumkan bahwa negaranya sedang mempersiapkan peluncuran satelit baru buatan dalam negeri yang diberi nama “Sharif Sat” pada Februari 2015.

“Kementerian Pertahanan Iran yang bertanggungjawab untuk peluncuran satelit buatan dalam negeri itu telah mengumumkan kesiapannya mengantar Sharif Sat ke orbit sebelum 11 Februari 2015, hari ulang tahun kemenangan revolusi Islam Iran pada tahun 1979,” ungkap Shariatmadari, Jumat (14/11), sebagaimana dikutip situs The Iran Project.

Awal tahun ini, Wakil Ketua Badan Antariksa Iran (ISA) Hamid Fazeli mengumumkan bahwa negara ini akan mengorbitkan beberapa satelit baru buatan dalam negeri, yang sebagian besar digarap oleh kalangan universitas, sebelum akhir tahun kalender khusus Iran.

“Sesuai jadwal yang telah dicanangkan, satelit-satelit Fajr, Sharif Sat, Tolou, Zafar dan A-Test akan dikirim ke ruang angkasa pada akhir tahun berjalan,” katanya kepada wartawan di Teheran.

Sharif Sat akan diorbitkan pada jarak sekitar 500 kilometer dari bumi. Satelit ini akan diantar dan diluncurkan dengan roket Safir B1 yang juga merupakan buatan dalam negeri.

Pada Desember 2013 Fazeli juga mengatakan bahwa Teheran merencanakan pengorbitan dua satelit buatan dalam negeri secepatnya.
“Pengujian sedang dilakukan pada dua satelit Sharif dan Tadbir sebelumnya proses peluncuran,” katanya.

Pada September 2013, Penasehat Presiden dan Ketua ISA Akbar Torkan mengatakan bahwa Tadbir akan menjadi satelit pertama yang diluncurkan pada periode pemerintahan Presiden Rouhani.

Omid adalah satelit riset pertama Iran yang didesain untuk menghimpun informasi dan menguji peralatan. Setelah mengorbit selama tiga bulan, satelit ini berhasil merampungkan misinya tanpa problem apapun.

Omid telah mengobit bumi lebih dari 700 kali selama tujuh minggu dan kembali ke atmosfir bumi pada 25 April 2009. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL