Iran-satellite-launchTeheran, LiputanIslam.com – Republik Islam Iran menyatakan akan mengorbitkan tiga satelit barunya pada tahun ini, yakni tahun kalender Hijriah Syamsiah yang berlaku di Iran (dimulai pada tanggal 21 Maret 2014).

Wakil Ketua Badan Antariksa Iran (ISA) Hamid Fazeli Sabtu (17/5) mengatakan bahwa tiga satelit yang masing-masing bernama Sharif Sat, Tadbir dan Fajr itu akan diluncurkan sebelum akhir tahun tersebut. Menurut dia, semua satelit itu sebenarnya sudah siap diluncurkan ke orbit namun masih harus menanti momen yang tepat.

Fajr adalah satelit pemantau yang dikembangkan oleh para ahli Iran dari lembaga industri elektronik Iran, Sairan, dan didukung dengan energi matahari. Rencananya, satelit ini akan diluncurkan dengan roket Safir yang sudah diupgrade, ditempatkan pada orbit elliptical 400 km di radius dan akan aktif selama satu setengah tahun.

Sedangkan satelit Tadbir dikembangkan oleh para mahasiswa dan akademikus Iran dari Universitas Sains dan Teknologi dengan berat sekitar 50 kg serta merupakan versi apgrade satelit Navid-e Elm-o Sanat yang telah diluncurkan ke ruang angkasa sebelumnya. Di banding pendahulunya, Tadbir memiliki presisi yang lebih tinggi dalam pemotretan obyek.

Tadbir dilengkapi sistem komputer interaktif yang memungkinan 16 pengguna untuk mengirim dan menerima informasi dari posisi geologis manapun. Satelit ini juga dilengkapi Global Positioning System (GPS) serta dapat dilacak kapan saja dari stasiun bumi.

Adapun satelit Sharif adalah satelit yang dikembangkan oleh para mahasiswa dan akademikus Iran dari Universitas Teknologi Sharif. Satelit ini memiliki berat kurang dari 50 kg dan akan diluncurkan dengan roket Safir B-1 pada orbit rendah bumi (LEO) di ketinggian sekitar 350-500 km di atas permukaan bumi. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL