Riyadh, LiputanIslam.com –  Iran dilaporkan akan mengirim jamaah haji pada tahun ini karena kementerian Arab Saudi Urusan Haji dan Umrah di satu pihak dan  Organisasi Haji dan Ziarah Iran di pihak lain telah menyelesaikan pengaturan yang diperlukan untuk partisipasi jemaah haji Iran pada musim haji tahun  1438 H/2017 M, sesuai prosedur yang disetujui oleh berbagai negara Islam.

Alarabiya, Jumat (17/3/2017), melaporkan bahwa perkembangan ini terjadi sesuai arahan pemerintah Arab Saudi yang dipimpin oleh Raja Salman, Putera Mahkota dan Wakil Putera Mahkota.

Menteri Urusan Haji dan Umrah Saudi Mohammed Banten telah mengadakan pertemuan dengan Ketua Organisasi Haji dan Ziarah Iran Hamid Mohammedi dan delegasi yang menyertainya untuk mendiskusikan pengaturan urusan haji jamaah dari Iran tahun ini.

Tahun lalu, untuk pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, pemerintah Iran tidak mengirim jemaah hajinya, menyusul putusnya hubungan diplomatik Teheran-Riyadh akibat terjadinya insiden serangan demonstran Iran terhadap Kedubes Saudi untuk Iran di Teheran.

Fars News milik Iran menyebutkan bahwa pemerintah Iran enggan mengirim jemaah haji pada musim haji 2016 sebagai protes atas tragedi berdesakan di Mina tahun 2015 yang menggugurkan sekira 2300 jemaah haji, 464 di antaranya dari Iran.

Munurut Fars News, bukannya bertanggungjawab atas peristiwa itu, pemerintah Saudi malah melemparkan kesalahan kepada pihak Iran serta menuduh Teheran melakukan politisasi haji. (mm/alarabiya/farsnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL