iran-bahran-ghasemiTeheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara Kemlu Iran Bahram Ghasemi mengatakan bahwa Mesir bisa menjadi mitra kerjasama dan kawan dialog dengan Iran, dan untuk ini diperlukan upaya timbal balik.

Dalam konferensi pers mingguannya di Teheran, Senin (7/11/2016), dia mengatakan negaranya ingin memiliki hubungan yang lebih baik dengan negara-negara jiran dan memandang Mesir sebagai negara penting dan berpengaruh di Timteng.

“Mesir merupakan negara penting, kuno, dan berpengaruh di kawasan sehingga bisa menjadi mitra kerjasama kami dan kawan dialog kami,” ujarnya.

Dia menyayangkan hubungan Teheran – Kairo yang sejauh ini masih berkutat pada taraf menjaga kepentingan bilateral akibat berbagai faktor.

Dia menambahkan, “Mesir sebagai negara penting serta memiliki posisi yang berpengaruh dan relevan mendapatkan perhatian tersendiri dari kami. Hanya saja, hubungan tidaklah sepihak, melainkan bilateral sehingga menuntut upaya keduanya untuk itu. Jika keduanya mencapai titik kolektif ini, yakni bahwa keduanya memerlukan hubungan yang lebih baik, maka ini akan mempermudah urusan. ”

Ghasemi juga mengatakan bahwa Iran tidak ambil pusing urusan pemilu presiden Amerika Serikat (AS).

“Yang memilih adalah orang-orang AS sendiri, ini urusan mereka, bukan urusan kami,” ujarnya.

Menurutnya, siapapun yang terpilih nanti sebagai presiden AS, hubungan antara Iran dan AS tidak akan berubah. Dia memastikan tak ada kerjasama diplomatik antara Teheran dan Washington kecuali berkenaan dengan perundingan nuklir dari  tahun 2013 hingga Januari 2016, dan karena itu kesempakatan yang dicapai melalui kerjasama Teheran-Washington ini krusial bagi Teheran.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut pemilu presiden AS menghadirkan pilihan antara “yang buruk dan yang lebih buruk.”

Hubungan diplomatik Iran dengan AS terputus sejak 37 tahun silam, tapi dilaporkan bahwa Rouhani menjabat sebagai presiden Iran telah terjadi pertemuan langsung tingkat menteri luar negeri pasca perjanjian nuklir. (mm/raialyoum)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL